Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

burung kacer termasuk burung yang cukup populer di kalangan pecinta burung kicauan. Burng ini dapat dijadikan burung dalam arena laga atau lomba atau dapat juga digunakan sebagai burung rumahan atau sekedar kelangenan atau hoby belaka. Burung kacer yang banyak dikenal orang ada dua yaitu kacer dada putih atau burung Poci dan satu lagi kacer full hitam dan sering disebut kacer jawa. 

Kacer dada putih harganya lebih murah dibanding kacer jawa karena populasi kacer putih masih relatif lebih banyak. Banyak yang tidak tahu cara merawat kacer mabung, karena itu akan saya shareing bagaimana mengatsi burung kacer yang sedang mabung. Mabung adalah saat dimana burung berganti bulu atau mbrondol dalam bahasa jawa. Saat ini burung memerlukan perwatan spesial agar bulu pulih sempurna.

  • Full kerodong sangkar burung kacer.
  • Sebaiknya anda mengganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
  • Berilah kroto selama masa mabung atau pergantian bulu
  • Jangan dimandikan dulu ketika burng mengalami masa mabung
  • Tidak perlu dibersihkan kandangnya jika tidak dilakukan penjemuran

Taburi dasar kandang dengan kapur 2 mm dan diatasnya 1cm dedak atau bekatulPerlu kita ketahui bahwa masa mabung kacer berlangsung saekitar 2 bulan berarti lebih pendek dibanding murai batu. Setelah bulu pulih semua, burung kacer mulai dapat dimandikan dan dijemur secara bertahap selama sebulan dan selanjutnya dapat diperlakukan seperti burung kacer normal lainnya.

Dan jangan lupa membaca artikel artikel yang lalu atau artikel yang akan datang . Atau anda dapat membaca artikel terkait dengan tema ini. Untuk memberikan komentar, silakan berkomen ria di tempat yang tersedia untuk meningkatkan kualitas blog ini. Mungkin keyword yang sesuai artikel ini adalah burung , burung kacer ,burung kacer mabung , merawat kacer .